Nagari Tapi Selo Dicanangkan Sebagai Pilot Project GKST TB

Nagari Tapi Selo Dicanangkan Sebagai Pilot Project GKST TB
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, serahkan penghargaan.

Tanah Datar, Kurenah.com – Nagari Tapi Selo berhasil turunkan angka stunting dan peduli terhadap pertumbuhan penduduk, Bupati Tanah Datar, Eka Putra, dan Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lise Eka Putra dinobatkan sebagai Ayah dan Ibu Asuh Anak Stunting oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat.

Penobatan tersebut bertepatan dengan Pencanangan Nagari Tapi Selo sebagai Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) Menuju Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Selasa (11/7/2023).

Bupati Eka Putra usai dinobatkan sebagai ayah asuh anak stunting menyampaikan terima kasih atas terpilihnya nagari Tapi Selo sebagai nagari model atau pilot project untuk program keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana menuju perilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga  Bupati Eka Putra Bagikan Bendera Merah Putih Gratis kepada Masyarakat di Batusangkar

Bupati Eka Putra juga katakan, ditetapkan nagari Tapi Selo sebagai pilot project GKST TB menuju PHBS sebelumnya telah melalui proses identifikasi situasi, kondisi dan potensi serta permasalahan yang dihadapi di daerah setempat dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, dimulai dari kegiatan Dasawisma yang merupakan ujung tombak dari PKK nagari, terutama dalam mewujudkan keluarga, masyarakat serta bangsa yang sehat dan sejahtera.

Dikatakan Bupati Eka, gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana merupakan upaya untuk menggerakkan dan mengedukasi masyarakat serta mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program nagari contoh atau pilot project bidang kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana.

Baca Juga  Bupati Tanah Datar Ajukan Bantuan Rp171 Miliar ke BNPB untuk Pemulihan Pasca Bencana

Bupati juga mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan oleh nagari Tapi Selo dan berharap dengan dipilihnya nagari tersebut sebagai pilot project GKST TB menuju PHBS mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat yang akhirnya semakin sejahtera. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *