Siswa Pemenang Lomba Cerdas Sains Studi Tur ke Museum Penerangan TMII Jakarta

Siswa Pemenang Lomba Cerdas Sains Studi Tur ke Museum Penerangan TMII Jakarta
Pemenang lomba cerdas sains studi tur wisata ke Museum Penerangan TMII Jakarta.

Jakarta, Kurenah.com – Siswa terpilih pemenang lomba cerdas sains laksanakan studi tur wisata edukasi mengunjungi Museum Penerangan (Muspen) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Berangkat dari Hotel Balairung menuju TMII, siswa disambut baik oleh Wildan, Edukator Muspen, mereka diberikan berbagai informasi mengenai objek sejarah penerangan dan komunikasi di Indonesia.

Dalam arahan edukator, siswa diajak melihat tayangan informasi mengenai muspen dan video edukasi tentang perundungan.

Kemudian, pemenang lomba cerdas sains diajak melihat ruang pamer di lantai 1 yang menerangkan tentang komunikasi masyarakat Indonesia dari jaman dahulu.

“Sangat asyik, kita disuguhkan informasi mengenai alat komunkasi jaman dulu baik secara audio seperti pentungan, radio, visual, seperti koran hingga audio visual seperti televisi,” ucap Fachri siswa SMP 1 Lubuk Basung.

Baca Juga  3 Universitas Ternama Jadikan GN Sawahlunto Kampus Lapangan Geologi Terintegrasi

Fachri juga merasa senang karena bisa melihat secara langsung alat komunikasi yang digunakan sejak dulu, terutama saat proses Kemerdekaan Indonesia.

Pada ruang pameran pengunjung juga disuguhkan sejarah dari RRI dan TVRI hingga ruang produksi dari media penyampai informasi tersebut.

Siswa beserta pendamping sangat antusias saat memasuki ruang produksi dari program legendaris TVRI, yakni Si Unyil.

“Mengunjungi museum penerangan membuat kami bernostalgia ke jaman dahulu terutama saat melihat tokoh Si Unyil dan teman teman,” ungkap Osmita, Guru Pendamping.

Selanjutnya pengunjung dibawa ke lantai 2 yang menyajikan cerita komunikasi sejak manusia pertama hingga saat ini melalui relief sepanjang 100 meter.

Di lantai yang sama pengunjung juga diedukasi mengenai bijak berkomunikasi dimasa kini dengan belajar komunikasi melalui wahana digital.

Baca Juga  Bawaslu Agam Launching Jarimu Awasi Pemilu

Setelah mengelilingi Muspen, siswa beserta guru pendamping kemudian melanjutkan berkeliling melihat wahana lainnya yang ada di TMII. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *