Bakaua di Bukit Batu Besi Nagari III Koto, Potensi Wisata Unggulan di Tanah Datar

Bakaua di Bukit Batu Besi Nagari III Koto, Potensi Wisata Unggulan di Tanah Datar
Bupati Tanah Datar, Eka Putra, hadiri tradisi bakaua di Bukit Batu Besi, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan.

Tanah Datar, Kurenah.com – Bakaua merupakan tradisi mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemudahan melaksanakan proses bertanam ataupun atas perolehan hasil panen pertanian masyarakat. Tradisi budaya turun temurun ini, patut dipertahankan kelestariannya.

“Tradisi bakaua ini merupakan tradisi budaya yang merupakan potensi untuk menarik wisatawan, bahkan di puncak Bukit Batu Besi ini juga memiliki pemandangan yang luar biasa,” kata Bupati Eka Putra, Kamis (3/8/2023) saat membuka Tradisi Bakaua di Bukit Batu Besi Nagari III Koto Kecamatan Rambatan.

Dikatakan, sewaktu sampai ke lokasi acara ia sangat takjub dan terkesan dengan potensi yang dimiliki puncak Bukit Batu Besi yang tidak kalah indah dengan objek wisata lainnya seperti Puncak Aua Sarumpun yang juga terletak di Nagari III Koto.

Baca Juga  Alek Kapalo Banda Tradisi Masyarakat Tanah Datar yang Patut Dipertahankan

“Konon katanya di sini ada legenda yang disampaikan secara turun temurun, ada sebuah batu yang mengeluarkan air dan hanya bisa di lihat oleh mereka yang bersifat ikhlas. Potensi ini harus dimaksimalkan agar ada wisatawan yang berkunjung ke sini. Hal itu bisa tercapai dengan adanya kerjasama dan kekompakan masyarakat Nagari III bersama perantau dan juga pemerintahan nagari,” sampainya.

Atas terselenggaranya kegiatan Bakaua itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap panitia dan juga dukungan perantau serta pemerintah nagari.

Baca Juga  Pacu Jawi Berikan Dampak Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Bupati Eka Putra menyampaikan beberapa pesan penting, terutama terkait Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk Pilwana yang akan dilaksanakan beberapa waktu akan datang. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *