Pacu Jawi Berikan Dampak Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Pacu Jawi Tarik Wisatawan Lokal dan Mancanegara, Ekonomi Masyarakat Meningkat
Alek pacu jawi tarik wisatawan.

Tanah Datar, Kurenah.com – Pergelaran alek Pacu Jawi mampu memberikan dampak yang luar biasa dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Itu dikatakan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, saat menutup alek Pacu Jawi, di Sawah Gadang Sago, Jorong Koto Tuo, Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Sabtu (27/8/2023).

“Kami melihat begitu banyak kunjungan selama pergelaran Pacu Jawi, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Kita memahami jika pariwisata hidup, perekonomian pun meningkat,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra menambahkan selain adanya peningkatan ekonomi masyarakat, silaturahmi pun terjalin erat antara satu dengan lainnya.

“Kami merasa bangga sekali, silaturahmi antar masyarakat terjalin di pergelaran Pacu Jawi. Maka dari itu, mari lestarikan tradisi yang telah mendunia ini, sebagai simbol kebanggaan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Tanah Datar Dukung Program UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Wali Nagari Simabur Zulbahri Dt. Marabangso mengatakan sebagian besar dampak positif dari pergelaran Pacu Jawi di Sawah Gadang Sago, Jorong Koto Tuo, telah dirasakan masyarakat yang memanfaatkan kesempatan itu.

“Atas nama pemerintahan nagari, kami mengucapkan rasa terima kasih ke seluruh pihak atas kerjasamanya, sehingga pergelaran Alek Nagari Pacu Jawi ini, terlaksana dengan baik, tanpa ada kendala yang berarti,” ujarnya.

Ketua PORWI Tanah Datar, Aristo Dt. Indomo mengatakan setelah alek nagari Pacu Jawi di Kecamatan Pariangan ini, Pacu Jawi akan dilanjutkan di Kecamatan Lima Kaum.

“Setelah ini, Pacu Jawi akan dilaksanakan di Kecamatan Lima Kaum. Jadwalnya, seminggu setelah penutupan Pacu Jawi di Sawah Gadang Sago ini,” ujarnya yang saat itu juga disaksikan Camat Pariangan Mulkhairi, ninik mamak, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *