Sumbar  

Rapiun Aciak Masuk 10 Besar Penyuluh Agama Award 2023 Kategori Penegak Hukum

Rapiun Aciak Masuk 10 Besar Penyuluh Agama Award 2023 Kategori Penegak Hukum
Rapiun, penyuluh agama Islam Kementerian Agama Kota Padang.

Padang, Kurenah.com – Rapiun, penyuluh agama Islam dari Kementerian Agama Kota Padang, Sumatera Barat masuk 10 Besar Penyuluh Agama Islam Award Nasional tahun 2023.

Rapiun penyuluh agama Islam yang penuh dedikasi dan komitmen tinggi dalam bidang Bimroh (Bimbingan Rohani) PAJAK (Penyelenggaraan Jenazah Khusus) di ruang Autopsi Kajian, dengan fokus pada penegakan hukum fardhu kifayah. Melalui Seleksi Tahap I yang telah dilalui, Rapiun berhasil mengukir prestasi yang mengantarkannya menuju Seleksi Tahap 2

Ini merupakan pengumaman hasil seleksi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, dalam surat Direktorat Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam dengan nomor surat B.3569 / Dt.III.III / HM.01/ 8/ 2013 tertanggal, 3 Agustus 2023 di Jakarta

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) l Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Helmi mengatakan Rapiun menjadi salah satu utusan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, telah berperan aktif dalam membimbing dan memberikan pengajaran rohani yang berarti bagi para petugas di ruang autopsi.

Pemahaman mendalam tentang hukum fardhu kifayah telah memungkinkan Rapiun untuk membantu masyarakat dalam memahami dan melaksanakan tata cara penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ajaran Islam.

“Seleksi Tahap 2 (dua) di eL Hotel Jakarta Kelapa Gading akan menjadi kesempatan emas bagi Rapiun untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan penyuluh agama Islam lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga Rapiun dapat tampil luar biasa dan mendapatkan pengakuan yang pantas atas dedikasi dan kinerjanya dalam memajukan penegakan hukum fardhu kifayah di ruang autopsi,” ujarnya di Padang, Kamis (3/8/2023).

Baca Juga  Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Bupati Solok Terima Penghargaan dari Ombudsman RI

Helmi juga sampaikan, seiring dengan harapan dan dukungan dari semua pihak di Kota Padang dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Rapiun diharapkan dapat menjadi contoh teladan bagi penyuluh agama Islam lainnya dalam menerapkan hukum Islam dengan baik dan benar.

“Kami mendoakan kesuksesan Rapiun dalam perjalanan menuju penghargaan prestisius tersebut. Semoga penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas kontribusinya yang berharga dalam bidang penegakan hukum fardhu kifayah dan pengabdian yang tulus dalam membimbing rohani di ruang autopsi. Tetap semangat dan berusaha yang terbaik,” doanya.

Tujuan dilakukan Penyuluh Agama Islam Award 2023 merupakan apresiasi kepada para penyuluh menjadi penting bukan semata memberikan penghargaan kepada para penyuluh yang berprestasi, tapi diharapkan dapat menggugah dan menginspirasi para penyuluh lain yang sedang berjuang. Itulah dasar mengapa penting mengadakan kegiatan pemberian penghargaan Penyuluh Agama Islam Award.

Baca Juga  Pelajar SD, SMP dan SMA Ikuti Lomba Surat Cinta untuk Ibu

Rapiun akrab dipanggil Aciak oleh orang-orang di sekitarnya, bertempat lahir Pesisir Selatan, 10 Januari 1975. Alumnus Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang, jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Padang, memilliki binaan di Rumkit Bhayangkara III Padang dengan program “Penyelenggaraan Jenazah Khusus” disingkat dengan PAJAK.

Kepekaan terhadap kondisi masalah-masalah jenazah seperti mata, mulut terbuka, tubuh kaku, dan aroma yang unik ditanamkan lewat edukasi. Salah satunya dengan berbagi pengalaman dan mengamalkan doa sebagai solusi. (zar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *