Sumbar Rawan Bencana, Athari Dorong BMKG Adakan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami

Sumbar Rawan Bencana, Athari Dorong BMKG Adakan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami
Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi bersama peserta sekolah lapangan gempa bumi dan tsunami.

Solok, Kurenah.com – Potensi bencana di Sumbar sangat besar, setiap tahunnya pasti terjadi gempa bumi dan ancaman tsunami.

“Kita harus tereduksi dengan baik dan paham akan mereka lakukan apabila terjadi bencana seperti itu,” kata Athari kepada Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG saat menghadiri acara Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Provinsi Sumatera Barat, Rabu 23 Agustus 2023.

Selain itu tambah Athari Sumatera Barat dikenal dengan daerah rawan bencana, salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah ancaman gempa bumi hingga tsunami.

Anggota Komisi V DPR RI itu meminta BMKG yang merupakan mitra kerjanya itu untuk melaksanakan sekolah lapang gempa bumi dan tsunami secara berkelanjutan untuk masyarakat Sumbar.

Baca Juga  Bupati Solok Salat Idul Adha 1444 H di Islamic Centre, 37 Ekor Sapi Disembelih

Athari ingin masyarakat Sumbar menjadi tanggap akan kegempaan dan tsunami, sekaligus menjadi upaya meminimalisir jumlah korban bencana.

Dengan adanya edukasi secara berkelanjutan seperti itu, mudah-mudahan kalaupun terjadi bencana jumlah korban dapat diminimalisir.

“Kita berdoa kepada Allah SWT agar tidak terjadi bencana,” ujar politisi Muda Asal Kab Solok itu.

Selain itu, ia juga mendorong adanya kolaborasi dari berbagai stakeholder baik pemerintah, Non Governmnet Organization (NGO) nasional maupun internasional termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) dan kelompok siaga bencana hingga tingkat desa atau kelurahan, pemerintah, NGO, LSM kelompok masyarakat dan swasta untuk bersama-sama mengedukasi, melakukan mitigasi dan pengurangan resiko bencana. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *