BKSDA Sumbar akan Identifikasi Buaya yang Nyantai di Sungai Sirah Surantih

bksda
Tim BKSDA Sumbar tiba di Pesisir Selatan untuk evakuasi buaya muara.

Painan, Kurenah.com – Petugas Dinas Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Andi Permata B. mengatakan akan melakukan identifikasi buaya muara di Sungai Sirah, Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan.

Laporan yang diterima tim BKSDA Sumbar, buaya itu terlihat oleh warga sedang berjemur di pinggir sungai di belakang Polsek Sutera, Jumat siang (8/9/2023)

Buaya muara itu terlihat sedang berjemur terekam video oleh warga sekitar. Buaya tersebut naik ke darat, kemudian masuk ke sungai begitu merasa terlihat oleh warga setempat.

Dengan adanya laporan dari warga dan media Kurenah.com ke Balai BKSDA Sumbar, petugas langsung turun untuk identifikasi.

Baca Juga  Gedung SDN 28 Surantih Jadi Penahan Ombak, Pemerintah Diam Saja

Andi sebagai tim BKSDA menduga hewan amfibi itu datang dari tempat lain melewati laut dan masuk ke Muara Pasung. Untuk memastikan lebih detail, BKSDA perlu identifikasi.

Saat ini air lagi keruh, sangat sulit untuk melihat buaya muara tersebut bagi petugas.

Anggota Polsek Aipda Jondafrinaldo, mengatakan buaya tersebut diperkirakan berukuran sekitar lebih dari 2,5 meter lumayan besar dan diperkiralan beratnya 200kg. Dulu aliran sungai itu tidak ada buaya, ujar Jon. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *