Buaya Muara Sepanjang 2,5 Muncul di Sungai Sirah, Surantih, Warga Was-was

Buaya Muara Sepanjang 2,5 Muncul di Sungai Sirah, Surantih, Warga Was-was
Buaya muara saat berjemur di tepi Sungai Sirah, Nagari Surantih, Pesisir Selatan.

Painan, Kurenah.com – Sungai Sirah di Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, menjadi sorotan warga setempat setelah penampakan buaya muara sepanjang sekitar 2,5 meter, Jumat 8 September 2023.

Kehadiran reptil buas ini telah menghebohkan penduduk sekitar, yang mengaku bahwa buaya tersebut telah muncul berulang kali selama beberapa pekan terakhir.

Ajis (50), salah seorang warga setempat, menjelaskan, awalnya, melihat buaya ini beberapa minggu yang lalu, dan kemudian tiba-tiba muncul lagi.

“Tadi pagi, buaya tersebut muncul kembali,” ujar Ajis, kepada Kurenah.com.

Kehadiran buaya ini telah menjadi tontonan bagi warga, namun juga menimbulkan kekhawatiran karena banyak penduduk yang sering beraktivitas di sekitar sungai tersebut.

Masyarakat sangat khawatir, terutama karena banyak yang suka mengambil lokan di sini. “Meskipun buaya ini belum menimbulkan masalah, kami berharap pihak berwenang akan segera turun tangan untuk mengevakuasi atau menangkapnya,” ungkap Ajis.

Baca Juga  Tiga Pelajar SMP Silaut yang Tenggelam Ditemukan Meninggal

Hingga pukul 13.00 WIB, puluhan warga masih berkumpul di sekitar sungai, namun buaya berbobot sekitar 200 kilogram ini terus berulang kali menghilang dan muncul kembali, meninggalkan warga dalam kebingungan.

Aipda Jondafrinaldo, anggota Polsek Sutera Panimbang, menjelaskan buaya yang ditemukan adalah jenis buaya muara.

“Ini adalah buaya muara berukuran sekitar 2,5 meter. Kami telah melaporkan temuan ini kepada BPBD agar segera mengambil tindakan untuk menjaga keselamatan warga,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk sementara waktu menghindari aktivitas di sekitar sungai tersebut demi menjaga potensi risiko yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Bupati Pesisir Selatan Benahi Perekonomian, Pendidikan dan Kesehatan

Situasi masih terus dipantau oleh pihak berwenang untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut dalam menangani penampakan buaya ini. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *