Peluang Kerja Tamatan SMK Sangat Banyak, Gubernur Minta Kualitas Lulusan Kejuruan Ditingkatkan

Gubernur Minta Kualitas Lulusan Kejuruan Ditingkatkan
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, letakan batu pertama pembangunan USB SMK Kesehatan Negeri Akabiluru, Limapuluh Kota.

Limapuluh Kota, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah meletakkan batu pertama pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Kesehatan Negeri Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (20/9/2023).

Gubernur menekankan, agar tenaga kependidikan di sekolah kejuruan terus memacu kualitas lulusan SMK, demi menjawab kebutuhan dunia kerja di masa yang akan datang.

“Peluang kerja di masa yang akan datang bagi siswa sekolah kejuruan sangat banyak. SMK tolok ukur keberhasilannya salah satunya memang kesiapan untuk bekerja. Termasuk untuk menyambut peluang bekerja di luar negeri, sehingga selain kemampuan kejuruan, kemampuan berbahasa Inggris juga harus dipenuhi,” ucap Gubernur.

Dikatakan, Pemprov Sumbar juga tengah berkomunikasi dengan beberapa pihak di luar negeri, terkait pemenuhan kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kemampuan kejuruan. Selain itu, lulusan SMK juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dalam negeri.

Baca Juga  Mengenal Sejarah Ponpes Al-Manaar dan Wisata Religi di Batuhampar

Terkait pembangunan SMK Kesehatan Negeri Akabiluru sendiri, Gubernur menjelaskan sekolah yang terdiri dari jurusan keperawatan dan farmasi itu diyakini akan meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat Akabiluru dan sekitarnya. Sebab, pendidikan merupakan pondasi utama pembangunan Sumber Daya Manusia, yang akan menjadi tulang punggung dalam melanjutkan pembangunan negeri.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov dan Gubernur Sumbar, yang telah membangun unit sekolah baru di kabupaten tersebut. “Saya juga mengimbau kepada warga, untuk senantiasa menjaga kelancaran proses pembangunan sekolah ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Barlius, menyebutkan pembangunan Unit Sekolah Baru di Sumbar tahun ini berjumlah lima unit, sedangkan untuk tahun 2024 direncanakan sebanyak 10 sekolah baru. Sehingga, target pembangunan 15 unit sekolah baru Pemprov Sumbar dapat terpenuhi tahun depan.

Baca Juga  Lapas Suliki jadi Pesantren, Hebat dan Luar Biasa

Sementara itu, Kepala SMK Kesehatan Negeri Akabiluru, Resmita, menerangkan sekolah tersebut telah memulai proses belajar mengajar sejak Tahun Ajaran (2022/2023). Saat ini, tercatat jumlah siswa sebanyak 45 orang, yang terdiri dari 21 siswa kelas X dan 24 siswa kelas XI, serta jumlah tenaga pendidikan sebanyak 13 orang. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *