Bupati Khairunas: Musrenbang 2024 Jemput Langsung Aspirasi Masyarakat

Bupati Solok Selatan, Khairunas
Bupati Solok Selatan, Khairunas. | Foto rakyatterkini.com

Padang Aro, Kurenah.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 tingkat kecamatan di Solok Selatan dimulai pada pekan ini.

Musrenbang pertama dilakukan di Kecamatan Sangir Jujuan dan dibuka langsung oleh Bupati Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan musrenbang ini ditujukan untuk mendapatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kabupaten melalui aspirasi yang disampaikan.

Selain masukan untuk pembangunan, diperlukan juga partisipasi dalam mencari jalan keluar dalam penyelenggaraan perencanaan tersebut.

Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan ini merupakan salah satu upaya partisipatif yang dilakukan untuk menghimpun dan menggali informasi dari aspirasi masyarakat dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah.

“Kami bupati dan wakil bupati beserta jajaran menjemput langsung aspirasi tersebut,” kata Khairunas di Kantor Camat Sangir Jujuan, Selasa (14/2/2023).

Untuk kecamatan Sangir Jujuan, upaya pembangunan yang telah dilakukan pemerintah mulai dari pelebaran jalan Bukit Buntang dengan anggaran sebesar Rp6 miliar. Saat ini sudah masuk dalam proses lelang dan diharapkan bisa cepat dikerjakan.

Baca Juga  Pemerintah Bersama DPRD Sepakati Perda Perumda Air Minum Tirta Seribu Sungai

Selanjutnya pembangunan jalan tembus Solok Selatan–Dharmasyraya ruas jalan Sungai Sungkai-Sungai Rumbai. Pembangunan jalan ini dilakukan dengan menggandeng pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Jelang akhir tahun 2022 lalu pemerintah juga telah mengoperasikan Rumah Sakit Pratama yang sedang dalam proses untuk naik ke Tipe D.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan dalam pembangunan daerah tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan pihak terkait lainnya. Mengingat keterbatasan fiskal, diperlukan berbagai upaya untuk mencari solusi dalam penyelesaian permasalahan pembangunan tersebut.

Sementara itu, Camat Sangir Jujuan Elfi Hendri mengharapkan dengan terlaksananya Musrenbang tingkat kecamatan ini akan didapatkan kesepakatan mengenai prioritas pembangunan wilayah di kecamatan tersebut.

Baca Juga  'Jumat Curhat', Kapolres Tampung Keluhan Masyarakat dan Langsung Ditindaklanjuti

Adapun dalam pembukaan kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Forkopimda, jajaran OPD terkait, tokoh masyarakat.

Usai pembukaan juga dilakukan penyerahan bantuan, mulai dari bantuan pendidikan, bantuan lansia, hingga bantuan bibit. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *