Sumbar  

Hebat! Sumbar Jalin Kerjasama dengan Provinsi Jeollabuk, Korea Selatan

Sumbar jalin kerjasama dengan Korea Selatan
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, bersama gubernur Jeollabuk, Kim Kwan-young.

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumbar, Mahyeldi, sambut kedatangan gubernur Kim Kwan-young yang merupakan Gubernur Jeollabuk-Do (Provinsi Jeollabuk) Korea Selatan.

Mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pukul 18.00 WIB, kedatangan Kim Kwan-young ini merupakan kunjungan pertama gubernur negeri ginseng Korea Selatan ke Sumatera Barat setelah beberapa dekade.

Kedatangan gubernur yang berpenduduk hampir 1,8 juta jiwa ini, dalam rangka penandatanganan LoI Sister Province Jeollabuk-Do dengan Sumatera Barat.

Kepala Bagian Kerjasama Pemprov Sumbar, Zaki Fahminanda, menjelaskan item kerjasama Sister Province antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jeollabuk antara lain pada sektor pariwisata, pertanian dan perikanan, industri dan peningkatan kapasitas SDM.

Program Sister Province ini sudah digagas sejak tahun 2017 lalu. Alhamdulillah berhasil dilakukan penandatanganan LoI pada tahun ini, sekaligus menjadi Sister Province pertama Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga  Kota Solok Sabet 6 Penghargaan di Puncak Harganas ke-30 Tingkat Sumbar

Ke depannya dengan terjalinnya Sister Province dengan Jeollabuk-Do ini diharapkan akan bisa mendatangkan banyak manfaat dan peluang bagi Sumatera Barat ke depan.

Dikonfirmasi terpisah, Kamis (16/2/2023), Kadispar Sumbar, Luhur Budianda yang turut mendampingi Gubernur Mahyeldi, mengutarakan Dinas Pariwisata Sumbar juga menindaklanjuti program Sister Province antara Jeollabuk-Do dengan Sumatera Barat terkait kepariwisataan.

Provinsi Jeollabuk ini kita anggap memiliki potensi yang mirip dengan apa yang kita miliki di Sumatera Barat, terutama pada sektor pariwisatanya. Dengan potensi keindahan alam, situs wisata warisan dunia.

Jeollabuk juga memiliki beragam even tahunan internasional. Ini yang akan coba kita adopsi dan kerjasamakan nantinya dalam mendukung VBWS 2023, tutur kepala dinas yang akrab disapa Budi ini.

Baca Juga  Wujudkan Pemilu Berkualitas, KPU Kab.Solok Gelar Bimtek Badan Ad hoc PPK

Selain melakukan pertemuan dan penandatanganan LoI dengan Gubernur Sumatera Barat, Kim Kwan-young Gubernur Jeollabuk-Do, juga dijadwalkan akan mengunjungi beberapa objek wisata yang terdapat di Sumatera Barat. (gepe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *