Produksi Bagus, Petani di Sutera Memasuki Masa Panen

Walinagari Rawang Gunung Malelo.
Walinagari Rawang Gunung Malelo, Aprizal.

Painan, Kurenah.com – Petani di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, memasuki masa panen padi. Ini bisa meningkatkan pendapatan petani, sehubungan harga beras di pasaran relatif membaik.

Wali Nagari Rawang Gunung Malelo, Aprizal, memastikan panen akan berakhir pada Maret. Ini sangat menguntungkan, karena tanaman padi tidak terserang hama maupun penyakit.

Seorang petani, Serel, mengatakan panen padi miliknya seluas lebih kurang satu hektare sangat memadai hasilnya dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, hasilnya memadai,” ucapnya kepada kurenah.com di sawah miliknya, Jumat (17/2/2023) sore.

Pada umumnya petani di sini untuk pembelian benih dan pupuk terlebih dahulu ditanggung oleh pemilik sawah, namun setelah berhasil panen nanti dipotong,termasuk hitungan perincian penggunaan sawah.

Baca Juga  Ratusan Guru di Pesisir Selatan Ikuti Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Begitu juga petani lainnya, Roni (45) seorang petani warga nagari Taratak, Kecamatan sutera mengakupanen di wilayahnya relatif bagus dan tidak terserang hama dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, Kabid Pertanian dan Perkebunan Pesisir Selatan, Yenni Gusti mengatakan, panen raya saat ini hasilnya bagus dan memuaskan.

Begitu juga harga ditingkat petani juga masih stabil tidak sama dengan panen raya sebelumnya.

Mudah-mudahan produksi yang bagus didukung iklim dan teknis budidaya yang baik, ujar Yenni. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *