Tingkatkan Efisiensi, Pemkab Solsel Gandeng Kemenpan RB

Bupati Solok Selatan bersama tim Kemenpan RB
Bupati Solok Selatan, Khairunas, dan Wabup, Yulian Efi, bersama tim Kemenpan RB. | Foto rakyatterkini.com

Padang, Kurenah.com – Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pemerintahan, Pemkab Solok Selatan gandeng Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi (RB).

Kemenpan RB melalui Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi RV, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah I KEMENPAN RB, Akhmad Hasmy, langsung memimpin penguatan SAKIP Solok Selatan tersebut, Sabtu (11/2/2023).

SAKIP sendiri bertujuan untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pemerintahan dikaitkan dengan korelasi antara anggaran yang dihabiskan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Dengan demikian, SAKIP yang kemudian dilaporkan dalam LAKIP adalah keniscayaan dan menjadi instrumen dalam mengendalikan roda pemerintahan.

Baca Juga  Terkendala Silon, PDI P Terlambat Mendaftarkan Bacalegnya

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengharapkan agar kegiatan penguatan tersebut dapat langsung mendiagnosa berbagai persoalan SAKIP, sehingga didapatkan hasil yang lebih baik.

Bupati juga menginstruksikan OPD dan jajaran terkait untuk bekerja keras untuk mendapatkan nilai SAKIP yang lebih baik di tahun 2023 ini.

SAKIP juga diperlukan untuk memastikan pemanfaatan anggaran dapat berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Akhmad Hasmy menjelaskan bahwa untuk SAKIP, instansi pemerintah perlu melakukan update atau memastikan bahwa seluruh dokumen penerapan SAKIP terutama dokumen perencanaan telah di-submit pada aplikasi esr.menpan.go.id. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *