Sumbar  

Kendalikan Inflasi Sumbar, Gubernur Mahyeldi Luncurkan UMKM Expo 2023

Luncurkan UMKM Expo 2023
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat meluncurkan UMKM Expo 2023.

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah apresiasi UMKM Expo 2023 sebagai upaya pengendalian inflasi pangan.

Gubernur meyakini, selain untuk pengendalian inflasi, kegiatan tersebut juga akan berdampak positif terhadap pelaku usaha UMKM di Sumatera Barat.

UMKM Expo 2023, adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk menekan laju infasi di Sumatera Barat, terutama untuk komoditi pangan.

“Disamping itu juga bagus untuk sektor UMKM, ” ujar Gubernur Mahyeldi saat meluncurkan Gerakan Nasional Bank Indonesia Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan UMKM Expo Sumatera Barat Tahun 2023 di GOR, H. Agus Salim, Padang, Sabtu, (11/3/2023).

Kegiatan GNPIP dan UMKM Expo 2023 tersebut, merupakan inisiasi dari Perwakilan Bank Indonesia Sumbar untuk mendukung program Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor Koperasi dan UMKM dan pengendalian tingkat inflasi di daerah.

Gubernur Mahyeldi mengaku dalam pengembangan UMKM, pihaknya telah memetakan berbagai permasalahan, secara umum yang menjadi permasalahan utama dunia UMKM tersebut adalah masalah permodalan dan pemasaran.

Baca Juga  Upaya Pemprov Sumbar dalam Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Dipuji Ketua KND

Mahyeldi menuturkan, untuk mengatasi permasalahan tersebut pihaknya terus melakukan sinergitas dengan instansi vertikal seperti yang sedang diselenggarakan bersama dengan Perwakilan Bank Indonesia pada saat ini, melalui GNPIP dan UMKM Expo 2023.

Menurutnya, selain melalui gelaran acara seperti ini, Pemprov. Sumbar juga sedang berupaya agar bagaimana membuat arus transportasi menjadi lancar, sehingga arus barang tidak terganggu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Endang Kurnia Saputra, mengatakan menurut catatan Bank Indonesia, Provinsi Sumatera Barat memiliki tingkat inflasi yang cukup tinggi.

Ia bersyukur karena dalam dua bulan terakhir angkanya sudah mulai terkendali, namun mengingat tidak lama lagi akan memasuki Bulan Ramadhan, tentu permintaan akan barang dan jasa kembali meningkat, hal inilah yang perlu diantisipasi agar tidak kembali mendongkrak tingkat inflasi.

Baca Juga  Ikatan Alumni SMP 2 Kota Solok akan Dikukuhkan

“Untuk antisipasi agar inflasi sumbar tidak kembali naik maka Bank Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Keuangan RI, mengadakan gerakan nasional inflasi pangan ditahun 2023 ini,”jelas Endang.

Ia menambahkan, hal tersebut dilakukan karena menurut data Perwakilan Bank Indonesia, saat ini ada dua komoditas di Provinsi Sumbar yang inflasinya tidak turun-turun dan selalu naik seperti cabe merah dan bawang merah. (adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *