Sumbar  

Puluhan Ribu Anak dan 750 Mahasiswa Sumbar dapat Bantuan Pendidikan PIP

Puluhan Ribu Anak dan 750 Mahasiswa Sumbar dapat Bantuan Pendidikan PIP
Anggota DPR RI, Lisda Hendrajoni.

Padang, Kurenah.com – Puluhan ribu anak serta 750 mahasiswa Sumatera Barat, akan menerima bantuan pendidikan PIP melalui aspirasi anggota DPR RI, Lisda Hendrajoni, di kementerian pendidikan dan kebudayaan.

“Alhamdulilah, tahun ini melalui aspirasi kami di Kemendikbud, puluhan ribu anak di Sumatra Barat akan menerima bantuan PIP. Dari informasi yang kami terima, ini merupakan bantuan PIP pertama di Sumbar dalam kurun 3,5 tahun terakhir,” ujar Lisda, kepada wartawan Kamis (30/3/2023).

Politisi asal Sumatera Barat ini menjelaskan, PIP merupakan program bantuan dari Kemendikbud yakni Program Indonesia Pintar, yang difungsikan sebagai perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah untuk peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

Baca Juga  Penanganan Jangka Panjang Bencana Alam, Gubernur Sumbar Ungkap 2 Rencana Strategis

Anggota Fraksi Nasdem tersebut juga menegaskan, terdapat sejumlah kriteria peserta yang bisa mendapat bantuan atau mengikuti PIP diantarany pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam atau musibah.

“Karena hanya 1 kali dalam setahun, Jadi nanti dana ini harus dimanfaatkan untuk kebutuhan sekolah bagi peserta didik penerima. Oleh karenanya, para orang tua juga harus bijak dalam penggunaannya,” pesan Lisda.

Menurut Lisda Hendrajoni, proses penginputan data ke kementerian sedang berlangsung, dengan sasaran utama yakni peserta didik dengen pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus.

“Bersama tim dan juga instansi terkait, kita sedang melakukan penginputan data bagi peserta didik yang menerima PIP di Sumatera Barat. Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar. Insha Allah pada April tahun ini sudah dapat dicairkan,” pungkasnya. (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *