Sukses Dukung Program JKN, Walikota Solok Terima Penghargaan UHC Award 2023

Walikota Zul Elfian Umar Terima Penghargaan
Walikota Solok, Zul Elfian Umar, terima penghargaan UHC 2023.

Solok, Kurenah.com – Dinilai sukses mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Pemerintah Kota Solok di bawah kepemimpinan Zul Elfian Umar-Ramadhani Kirana Putra menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan UHC diterima Zul Elfian Umar bersama 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota se-Indonesia, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 14 Maret 2023.

Penyerahan penghargaan Universal Health Coverage (UHC), dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Adapun kriteria dari penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 adalah diberikan kepada pemerintah daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan JKN minimal 95 persen dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Wakil Presiden Maruf Amin mengapresiasi komitmen Pemda dalam mencapai UHC di setiap daerah, khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurut Wapres sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan yang memadai.

Baca Juga  Anugerah Adinata Syariah 2023, Sumbar Raih 9 Penghargaan

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyatakan, BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada pemerintah daerah, agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan program JKN-KIS.

Walikota Solok Zul Elfian Umar mengungkapkan dalam program ini, Pemerintah Kota Solok sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage.

Terhitung sejak 2018 hingga 2023, sebanyak 78.271 jiwa penduduk Kota Solok per awal Maret 2023 telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penyematan status UHC untuk Kota Solok merupakan pencapaian yang luar biasa. Menurutnya, penerapan UHC di Kota Solok dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat.

Jika kualitas kesehatan masyarakat semakin meningkat, maka dengan sendirinya taraf hidup juga semakin lebih baik.

Ke depannya Pemko Solok akan terus berkomitmen mendukung penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga seluruh masyarakat di Kota Solok dengan mudah dapat mengakses manfaat Program JKN-KIS.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Neri Eka Putri, menyebutkan penghargaan UHC merupakan hasil kerja bersama, antar BPJS Kesehatan dengan seluruh stakeholder di Kota Solok, sehingga harapan besar tersebut bisa terwujud.

Baca Juga  Mental dan Kepribadian Anggota Polri Harus Kuat, Ini Tekad Kapolda

“Alhamdulillah, khusus di Kota Solok sudah mencapai UHC, ini berarti sudah 90 persen lebih penduduknya sudah memiliki akses JKN-KIS, baik mereka yang mendaftar dari Pemerintah Kota Solok, mandiri, ataupun dari tempat bekerja,” ujar Neri Eka Putri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Elvi Rosanti merasa bangga karena hampir separoh masyarakat Kota Beras Serambi Madinah telah mencapai UHC.

Perhatian Pemerintah Kota Solok terhadap jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat sangat luar biasa, bahkan, Pemko Solok telah menganggarkan pembiayaan JKN yang bersumber dari APBD Kota Solok.

“Pemko telah menganggarkan dana dari APBD Kota Solok setiap tahunnya untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), “ujar Elvi. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *