Sumbar  

Tokoh Nasional Azwar Anas Meninggal, Gubernur dan Wagub Sumatera Barat Sampaikan Duka

Tokoh Nasional Meninggal Dunia
Mantan Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas meninggal dunia.

Padang, Kurenah.com – Tokoh nasional Azwar Anas meninggal dunia. Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy menyampaikan duka cita atas berpulangnya kerahmatullah tGubernur Sumatera Barat periode 1977 – 1987, Letjen TNI (Purn) Azwar Anas, Dt. Rajo Sulaiman.

Azwar Anas meninggal dunia pada hari Minggu siang (5/3/2023) sekitar pukul 11.45 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Saya atas nama pribadi, pemerintah provinsi dan masyarakat Sumatera Barat, menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya tokoh kebanggaan kita semua, Bapak Azwar Anas,” kata Mahyeldi dalam keterangan resminya, Minggu (5/3/2023).

Mahyeldi memandang, Azwar Anas adalah tokoh besar yang berpengetahuan luas, penuh kesederhanaan, disegani, dan dihormati berbagai kalangan, tidak hanya ditingkat provinsi tapi juga nasional.

“Semasa hidupnya, Pak Azwar Anas telah menjadi teladan kita semua, tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, sederhana dan mengayomi,” kata Mahyeldi.

Baca Juga  Tokoh Nasional Asal Sumbar, Pemikir dan Negarawan, Diakhir Hayat Hidup Sederhana

Gubernur Mahyeldi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mendoakan Alm. Azwar Anas. Ia berharap, Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

“Mari kita doakan Alm. Pak Azwar Anas mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ajaknya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy juga menyampaikan hal senada. Ia menyebut, Sumatera Barat telah kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya.

“Ayahanda Azwar Anas, adalah sosok inspiratif bagi seluruh warga Sumatera Barat, dimana beliau tetap disegani dan dihormati sampai akhir hayatnya oleh semua kalangan, tentunya itu tidak mudah. Butuh kebijaksanaan dan dedikasi untuk mencapainya,”ujar Audy dalam keterangan resminya, Minggu (5/3/2023).

Lebih lanjut ia menerangkan, semasa hidup Azwar Anas tidak hanya pernah menduduki jabatan Gubernur Sumatera Barat, tetapi Almarhum juga pernah menduduki beberapa jabatan penting di Indonesia, diantaranya Menteri Perhubungan dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, serta Ketua Umum PSSI periode 1991-1999.

Baca Juga  Kapolda Sumbar Jumat Curhat di Masjid Raya Koto Tangah

Terakhir, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat berharap semoga apa yang telah diperbuat Almarhum semasa hidup dapat menjadi catatan amal sholeh bagi beliau dihadapan Allah SWT dan kita sebagai penerus dapat mengambil keteladanan dari rekam jejak Almarhum. (adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *