Walikota Deri Asta Dinobatkan Sebagai Best Leader of The Year 2023

Walikota Sawahlunto, Deri Asta
Walikota Sawahlunto, Deri Asta

Sawahlunto, Kurenah.com – Kesuksesan Walikota Sawahlunto Deri Asta menurunkan angka kemiskinan, dan melampaui target nasional angka privalensi stunting, menjadikannya dinobatkan sebagai Best Leader of The Year 2023 oleh stasiun televisi Padang TV untuk kategori pengentasan kemiskinan.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Direktur Padang TV kepada Wako Sawahlunto, Deri Asta pada Jumat (3/3), di Hotel Truntum Padang.

Direktur Padang TV, Rita Gusveniza menyebutkan dari pantauan yang telah dilakukan pihaknya selama ini, Padang TV berkesimpulan, kinerja Wako Deri Asta dalam pengentasan kemiskinan, dinilai sangat layak untuk mendapatkan apresiasi.

“Salah satu indikator terbaru yang memperkuat keyakinan kami, dalam memberikan apresiasi kepada Wako Deri Asta adalah keberhasilan Sawahlunto, dalam dua tahun secara berturut-turut mampu mempertahankan keberhasilan, menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan paling rendah di Indonesia.
Sawahlunto menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan paling rendah secara nasional, pada 2021 dan sukses kembali dipertahankan pada 2022,” ungkap Rita menjelaskan.

Baca Juga  PAN Sawahlunto Daftarkan Bacalegnya ke KPU, Ini Nama-nama Kadernya

Menurut Direktur Padang TV, capaian lain yang turut menunjukkan keberhasilan pengentasan kemiskinan di Sawahlunto adalah tingkat prevalensi stunting, yang sudah melampaui target nasional.

“Kami memonitor prevalensi stunting Sawahlunto pada 2022, pada angka 13,7 persen. Artinya, sudah berhasil menurunkan prevalensi stunting tersebut lebih rendah dari target yang ditetapkan Presiden Jokowi, pada angka 14 persen,” ujar Rita menambahkan.

Salah satu faktor pendorong lainnya bagi Padang TV, untuk mengapresiasi hal ini adalah, melihat dari komitmen yang dikeluarkan dan dijalankan dalam pengentasan kemiskinan tersebut.

“Kami mendengar cukup banyak kebijakan, baik regulasi ataupun program yang terus dilakukan oleh Wako Sawahlunto, Deri Asta dan jajarannya, dalam pengentasan kemiskinan.

Baca Juga  Khatam Alquran di Masjid Al Irsyad, Ini Pesan Deri Asta

Pada setiap arahan kepada perangkat daerah, kami juga mendengar Wako Deri Asta selalu konsisten mengimbau agar jajarannya kompak satu visi bahwa pengentasan kemiskinan menjadi salah satu program prioritas,” pungkas Rita Gusveniza. (ril/ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *