Baznas Sawahlunto Salurkan Zakat Tahap II Senilai Rp670 Juta

Baznas Sawahlunto Salurkan Zakat Tahap II Senilai Rp670 Juta
Walikota Sawahlunto, Deri Asta serahkan secara simbolis zakat kepada perwakilan mustahiq.

Sawahlunto, Kurenah.com – Baznas Sawahlunto menyalurkan zakat tahap II 2023, senilai Rp670 juta kepada lebih dari 500 mustahiq, Senin 12 Juni 2023.

Ketua Baznas Sawahlunto, Edrizon Effendi menyampaikan zakat itu disalurkan kepada mustahiq dengan enam kategori yaitu, biaya pendidikan, biaya pengobatan, modal usaha, biaya hidup jompo/lansia, bedah rumah dan pasang listrik.

“Paling besar disalurkan untuk kategori biaya pendidikan kepada 250 mustahiq, totalnya senilai Rp381 juta. Kemudian untuk modal usaha kepada 113 mustahiq, dengan total senilai Rp163 juta,” ujar Edrizon merinci.

Disebutkan Edrizon, para mustahiq tersebut telah melalui proses survey dan verifikasi oleh petugas Baznas, sehingga semuanya telah dinyatakan lolos berhak dan layak menerima zakat sesuai ketentuan syariat Islam.

Baca Juga  Walikota Medan Bobby Nasution Sambut Hangat Kedatangan Deri Asta

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang menghadiri dan memantau penyaluran zakat tersebut mengapresiasi kinerja Baznas dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat.

“Berdasarkan monitoring kita, setiap tahun pengumpulan dan penyaluran zakat oleh Baznas Sawahlunto telah mengalami peningkatan signifikan. Kita menilai Baznas berhasil profesional dalam mengemban amanah, jadi kita apresiasi dan kita dorong agar mampu mempertahankan kualitas ini,” kata Wali Kota Deri Asta.

Untuk para mustahiq, Wali Kota Deri berpesan agar zakat yang diterima dapat dimanfaatkan sesuai dengan niat/tujuan permohonan kepada Baznas, jangan kemudian dibelanjakan untuk kebutuhan yang bersifat tidak terlalu penting. (ril/ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *