Sumbar  

Gubernur Sumbar Siap Berkolaborasi dengan Seluruh Pihak dalam Pengembangan Pertanian

Gubernur Sumbar Siap Berkolaborasi dengan Seluruh Pihak dalam Pengembangan Pertanian
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi,

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumbar, Mahyeldi berharap Penas Tani dapat menjadi momentum kerjasama antar daerah dalam sektor pertanian.

Termasuk antara Provinsi Sumatera Barat dengan berbagai daerah di negara ASEAN.

“Semangat kolaborasi perlu selalu kita hadirkan dalam setiap momentum, untuk menghasilkan percepatan, jadi tidak ada salahnya jika kita manfaatkan kegiatan ini sebagai ajang penjajakan kerjasama,” ajak Gubernur Mahyeldi saat malam temu ramah dengan petani ASEAN dan mitra ASEAN, Selasa (13/6/2023) malam.

Mahyeldi menambahkan, tentu banyak tentang Sumbar yang telah dilihat, melalui berbagai rangkaian acara yang telah diikuti mulai dari acara pembukaan, sharing session, dan dilanjutkan kunjungan ke Sirukam Dairy Farm, Kabupaten Solok dan Nagari Tabek Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar (12/6/2023).

Kemudian kunjungan ke Ummi Aufa Hakim dan City Tour Keliling Kota Padang, semoga itu, menjadi pengalaman berharga dan menyenangkan.

Baca Juga  Penas KTNA ke XVI Resmi Dibuka, Jadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Tahun 2045

Sementara itu, Kepala Pusat pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian RI, Muhammad Amin mengatakan para delegasi Asean dan beberapa negara lainnya ini telah banyak belajar dari pola pengembangan pertanian yang telah dilakukan di Sumbar.

“Mereka telah berkeliling, untuk melihat pola pengembangan pertanian Sumbar, dua daerah yang menjadi tujuan studi tour kemaren adalah Kabupaten Solok dan Tanah Datar,” ungkap Amin.

Ia menuturkan, dari kunjungan tersebut mereka sangat senang, mudah-mudahan dengan kehadirannya di sini bisa membawa kemajuan bagi pembanguan pertanian secara regional dan internasional.

Amin menerangkan, saat study tour, tidak hanya bidang pertanian yang dilihat oleh para delegasi internasional tersebut tapi mereka juga mengunjungi beberapa destinasi pariwasata Sumbar. Ia meyakini, itu bagus untuk promosi daerah.

Baca Juga  Wow! Pasar Kuliner Padang Panjang Makin Tacelak

Dikatakann, petani ASEAN dan Mitra ASEAN asal Filipina, Malaysia, Thailand, perwakilan petani Indonesia, petani dan mitra USA serta petani Jepang tersebut hadir ke Sumbar sebagai bahagian dari tamu undangan Penas KTNA ke XVI tahun 2023. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *