Kirab Taruna Akmil, Ratusan Warga Padati Jalan Raya

Kirab Taruna Akmil, Ratusan Warga Padati Jalan Raya
Warga saksikan pertunjukkan taruna Akmil, Akpol dan STPDN.

Painan, Kurenah.com – Taruna Akmil ‘pukau’ ratusan warga yang memadati jalan raya Nagari Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan melihat kirab Taruna Akademi Militer (Akmil), Marcin Band Yon Tarlat I Macan Latsitardanuske XLII tahun 2023, yang terdiri Akmil, AAU, AAL, Akpol dan STPDN, Senin (5/6/2023).

Kirab tradisi pamitan ini terasa begitu meriah bersama SMP 1 dan 2 Sutera di depan kantor camat Sutera.

Kirab mengambil start dari depan kantor camat Sutera dengan berjalan kaki menyusuri lapangan sepak bola gadis basanai Surantih.

Sepanjang rute yang dilalui, ratusan warga menyambut dan menyaksikan kirab tersebut, dimeriahkan dengan Drumband Genderang Seruling Canka Lokananta (GSCL) Akmil.

Baca Juga  11 Tahanan Polsek Pancung Soal, Pesisir Selatan Kabur, Ini Identitas dan Kasusnya

Kirab ini dilangsungkan setiap tahunnya setelah selesai menempuh pendidikan. Pamitan ini digelar untuk menyapa warga Pessel dan memohon doa restu sehingga nantinya menjadi perwira bisa lancar.

Ini kirab rangkaiannya tradisi korps Taruna Tingkat XLII, dimana setiap tahun Taruna sudah ditutup pendidikannya dan akan mengikuti upacara pelantikan perwira.

Itu pamitannya diadakan pamitan seperti ini. Jadi untuk apa, untuk menyapa masyarakat Pesisir Selatan, kata Kapolsek Iptu Andi Yanuardi kepada Rakyatterkini.com di lapangan. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *