Smart City Kembangkan Potensi Lokal dan UMKM Agam

Smart City Kembangkan Potensi Lokal dan UMKM Agam
Forum Smart City Nasional di ballroom Shangri-La Hotel, Surabaya.

Surabaya, Kurenah.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika adakan Forum Smart City Nasional pada 12-14 Juni 2023, di ballroom Shangri-La Hotel, Surabaya.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Mochamad Hadiyana dalam sambutannya menyampaikan perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi mengharuskan kita untuk memasuki era digital.

Program smart city lanjutnya merupakan salah satu upaya yang mendorong digitalisasi diberbagai sektor untuk menciptakan kota dan kabupaten cerdas yang berkelanjutan.

“Dengan menggunakan teknologi digital seperti kecerdasan buatan, internet of things, cloud computing dan big data, program smart city dapat memberikan solusi untuk berbagai tantangan seperti kemacetan, polusi udara, kesehatan dan pelayanan publik,” ucap Hadiayana.

Baca Juga  Tebing Sungai Batang Lolo Terkikis, Sutet PLN dan TPU Pemkab Agam Terancam, Ini Arahan Bupati

Smart city dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mengurangi dampak negatif urbanisasi dan mendorong ekonomi yang ramah lingkungan.

“Smart city dapat mengembangkan potensi lokal masing daerah dengan pendekatan berbasis inovasi dan digitalisasi,” jelasnya.

Selain itu, smart city juga dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan daerah serta memanfaatkan sumber daya daerah yang tersedia agar membuka peluang investasi diberbagai sektor seperti infrastruktur digital, teknologi informasi komunikasi, energi terbarukan, dan sebagainya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr H Andri Warman, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Pada moment itu disebutkan pengembangan smart city sangat membantu usaha UMKM dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan dengan forum smart city ini kita dapat membantu usaha UMKM dikabupaten Agam, yang mana dalam perkembanganya dapat membawa peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat kita, tentunya perlu di kembangkan di Kabupaten Agam. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *