Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Tanah Datar Luncurkan Program Bantuan Sosial

Tekan Kemiskinan, Pemkab Tanah Datar Luncurkan Program Bantuan Sosial
Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Tanah Datar, Kurenah.com – Pemkab Tanah Datar terus menekan angka kemiskinan dengan meluncurkan program bantuan guna untuk menyejahterakan masyarakat.

Salah satunya program pemberian bantuan sosìal kepada keluarga yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau Program Keluarga Harapan (PKH), dimana melalui program tersebut diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang prioritas sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Daerah Tanah Datar juga meluncurkan program bantuan modal bagi masyarakat yang diberi nama Maksimalkan Berantas Rentenir Agar Hilang (Makan Rendang) di Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, saat menghadiri pertemuan dengan masyarakat penerima PKH dalam rangka acara pembinaan kepada KPM PKH Nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan, Rabu (14/6/2023) di Masjid Ridha Sawah Tangah.

Baca Juga  Delapan Fraksi Sampaikan Pandangan Terkait Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2022

“Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan dan jangan gunakan bantuan ini untuk hal-hal yang tidak penting. Kalau disini ada yang berjualan namun butuh modal tambahan, silahkan dimanfaatkan program Makan Rendang dengan pinjaman maksimal 10 juta rupiah dengan jangka waktu angsuran selama 2 tahun.

Pinjaman ini tanpa bunga dan tanpa agunan, dengan tujuan agar masyarakat tidak meminjam kepada rentenir, kata Bupati Eka Putra.

Selain program Makan Rendang, tambah Bupati, di bidang pertanian Pemda Tanah Datar juga meluncurkan program bajak sawah gratis, asuransi padi, asuransi ternak dan perbaikan jaringan irigasi.

“Tujuan utama dari program ini adalah untuk mengurangi biaya produksi bagi petani kita, sehingga hasilnya bisa maksimal. Kalau sudah begitu, tentu masyarakat akan sejahtera,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat penerima PKH untuk manfaatkan progul tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga  Khatam Alquran Membentuk Generasi Berakhlak dan Berkarakter

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Afrizon mengatakan jumlah penerima manfaat PKH yang dilakukan pendampingan di Nagari Sawah Tangah sebanyak 108 orang dan di Nagari Pariangan sebanyak 77 orang. (farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *