Gubernur Sumbar Lepas 10 Ribu Bibit Ikan Gariang di Batang Bayang

Gubernur Mahyeldi Lepas 10 Ribu Bibit Ikan Gariang di Batang Bayang
Ketua TP PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi, menyerahkan bibit ikan gariang.

Painan, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Ketua TP-PKK, Harneli Mahyeldi melepas 10 ribu bibit ikan gariang di Sungai Batang Bayang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (14/7/2023).

Ia berharap, bibit ikan ini dapat berkembang dengan baik, sehingga hasil panennya nanti, bisa dimanfaatkan sebagai penopang kebutuhan masyarakat sekitar.

“Pengelolaan bibit ikan ini, kita serahkan kepada Karang Taruna Nagari Koto Baru. Hasil panennya nanti, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pembiayaan kepentingannya bersama. Untuk itu, perlu adanya kerjasama masyarakat dalam menjaga ini,” kata Mahyeldi saat penyerahan bibit.

Menurut Mahyeldi, bibit ikan yang diserahkannya ini adalah bentuk dorongan pemerintah untuk meransang terwujudnya kemandirian nagari dalam memenuhi kebutuhannya, melalui pola pemberdayaan masyarakat setempat.

“Paling tidak, jika ini terkelola dengan baik, untuk kebutuhan insidentil yang nilainya tidak terlalu besar. Masyarakat nagari sudah mandiri. Tidak mesti menunggu datang bantuan dari berbagai pihak lagi,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Baca Juga  Penas KTNA ke XVI Resmi Dibuka, Jadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Tahun 2045

Ia mengaku, saat ini sedang berupaya mewujudkan kemandirian pada setiap nagari di Sumbar, melalui pembinaan dan pemberian bantuan sesuai kearifan dan potensi lokal. Menurutnya itu efektif untuk melahirkan percepatan-percepatan diberbagai sektor ditingkat nagari.

Ia mencontohkan, jika budidaya ikan air tawar di Nagari Koto Baru ini terkelola baik dan berkelanjutan, untuk perbaikan dan pemeliharaan fasilitas umum ke depan mereka sudah bisa mandiri. Nagari sejahtera, masyarakat bahagia dan infrastruktur pun terpelihara.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemprov Sumbar yang selalu hadir untuk masyarakat di Pesisir Selatan.

Ia menuturkan, akhir juni lalu gubernur juga bermalam di Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantiah (Langgai), di sana ia juga memberikan bantuan untuk pemeliharaan jalan.

“Terima kasih Pak Gubernur, setelah ini saya juga akan mendampingi beliau untuk meyerahkan asuransi kesehatan bagi para nelayan di Pantai Carocok Painan, semoga apa yang telah bapak upayakan, dapat menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat setempat,” ungkap Mawardi Roska.

Baca Juga  Bappeda Pessel Susun RDTR Kota Painan, Ini Perda RTRW-nya

Sekda berharap masyarakat dapat menjaga dan bahkan mengembangkan, apa yang telah ada saat ini, agar setiap program yang dibuat pemerintah bisa betul-betul tepat guna dan tepat sasaran pemanfaatannya. (gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *