Sapa Jemaah Haji, Bupati Rusma Yul Anwar Ingatkan Jemaah Agar Menjaga Kesehatan

Sapa Jemaah Haji, Bupati Rusma Yul Anwar Ingatkan Jemaah Agar Menjaga Kesehatan
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, sapa jemaah haji.

Painan, Kurenah.com – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar ingatkan seluruh jemaah haji Pesisir Selatan yang kini sedang melaksanakan ibadah haji agar selalu menjaga kesehatan dirinya selama berada di tanah suci di Makkah dan Madinah.

“Saya berharap, seluruh jemaah Pesisir Selatan tetap sehat dan melaksanakan ibadah haji dengan sempurna, dapat kembali lagi ke tanah air dan berkumpul dengan keluarga,”tuturnya.

Itu diungkapkan Bupati Rusma Yul Anwar pada acara Video Convrention (Vicon) “Sapa Jamaah Haji Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023 secara during (virtual) melalui apk zoom, yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Pesisir Selatan, Rabu (12/7/2023) sore, di Vicon Room Painan Comvetion Centre (PCC), Jalan H Agus Salim Painan.

Turur hadir pada acara tersebut, adalah Kapolres Pessel AKBP. Novianto Taryono, Dandim 0311, Kepala Instansi/Lingkup Pemerintah Daerah  Kabupaten Pesisir Selatan, dan KUA se Kabupaten Pesisir Selatan dan pejabat terkait lainya di jajaran Kandepag Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati melakukan dialog langsung dengan PDH Kabupaten Pesisir Selatan, H Betriadi dan beberapa orang jemaah, yang tergabung dalam kloter (kelompok terbang) XVI Padang (Pesisir Selatan, Padang dan Mentawai).

Baca Juga  Penutupan GTA, Sekda: 'Kami Hadir untuk Perubahan Lebih Baik'

Sementara itu PDH Kabupaten Pesisir Selaran, Betriadi melaporkan kondisi terkini jemaah haji asal Pesisir Selatan di tanah suci Makkah saat ini sangat baik dan telah menyelesaikan seluruh ibadah haji yang diwajibkan, sesuai dengan syariat Islam.

“Selanjutnya, seluruh jemaah haji Pesisir Selatan (Kloter XVI) akan diberangkatkan ke Minah, pada 22 Juli 2023, untuk melaksanakan ibadah sunah, sholat di Masjid Nabawi,” ujarnya. Untuk kepulangan ke tanah air dijadwalkan akan dilakukan pada 31 juli 2023.

Dilaporkan, kondisi cuaca di Kota Medinah saat ini dirasakan agak lebih panas dari sebelumnya, dengan suhu di atas 40 derajat celsius.

Lebih lanjut, PHD Kabupaten Pesisir Selatan tersebut  melaporkan, jemaah haji Pesisir Selatan itu tergabung dalam kloter XVI, jumlahnya 117 orang dan satu  orang PHD sehingga seluruhnya 118 orang.

“Seluruh jemaah haji ini telah menuntaskan prosesi ibadah wajib (haji dan umrah wajib), termasuk lansia dan yang sakit,” terangnya. Jemaah Kabupaten Pesisir Selatan tersebut ditempatkan di Sektor IX Makkah, Hotel Taiseer Tower Jarwal Makkah.

Baca Juga  Bupati Minta Seluruh Jajaran Berikan Layanan Akses Internet Tanpa Bayar untuk Masyarakat

Dijelaskan, Jemaah Pesisir Selatan yang dirawat ada dua orang yaitu Ibu Jasni (Bayang) dan Nurma (IV Jurai). Ibu Jasni dan Nurma saat ini sedang dalam proses usulan Tanazul Awal.

Hingga saat ini, jamaah haji Pesisir Selatan yang wafat di tanah suci sudah dua orang, yakni Izwar Aziz (Painan, IV Jurai) yang wafat pada 5 juli 2023, jam 02.00 WAS (Waktu Arab Saudi) dan Nursiam pada tanggal 9 Juli 2023, jam 17.00 WAS. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *