Sukses di Padang, PWI Sumbar akan Gelar Workshop Pesisir Selatan Teacher Fest 2023

Sukses di Padang, PWI dan Pemkab akan Gelar Workshop Pesisir Selatan Teacher Fest 2023
Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar dan event organizer, adakan pertemuan dengan PWI Pessel.

Painan, Kurenah.com – Menciptakan guru cakap teknologi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan adakan Workshop Pesisir Selatan Teacher Fest 2023. Kegiatan itu bakal dihelat pada 8-10 Agustus 2023 mendatang.

Itu disampaikan dalam konferensi pers di ruangan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Pesisir Selatan, Kamis (13/7/2023) oleh Ketua PWI Sumatera Barat, Basril Basyar, didampingi Ketua SIWO, Syaiful Husein, pihak event organiser, Ardinal, Ketua PWI Kabupaten Pesisir Selatan, Suherman, LSM serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

Ketua PWI Kabupaten Pesisir Selatan, Suherman mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu bentuk kerjasama antara PWI Pessel dan Provinsi Sumatera Barat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

Ia mengatakan, suksesnya kegiatan tersebut tidak terlepas dari dukungan kawan-kawan wartawan dan LSM, khususnya di kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara, Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Basril Basyar mengatakan ada rencana dari PWI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang workshop peningkatan kapasitas guru yang diberikan tajuk Pesisir Selatan Teacher Fest 2023.

Diceritakan, kegiatan itu merupakan yang kedua kalinya dilakukan setelah kota Padang. Dengan meningkatkan kapasitas guru tentunya anak muridnya juga mengatakan cerdas dan bisa bersaing dengan murid lainnya di Indonesia.

Berdasarkan panduan dari Permendikbud tentang guru dan dosen disebutkan bahwa sebesar 20 persen dari tunjangan profesi guru mesti dipergunakan untuk meningkatkan kapasitas dari guru itu sendiri.

Baca Juga  Viral Video Bantuan BNPB Menumpuk di Rumah Dinas Wabup Pessel, Ini Penjelasan Kepala BPBD

Di kota Padang kemarin hampir 5000 orang guru yang hadir langsung walaupun melalui zoom meeting, hampir secara keseluruhan menyatakan puas dengan kegiatan itu,” ungkapnya.

Kepala seksi peserta didik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Zul Mukhlis menyatakan pihaknya bakal mempersiapkan dan membicarakan segala sesuatu akan kelangsungan dari kegiatan tersebut, sehingga bisa berjalan secara baik dan lancar dengan diikuti secara serius oleh seluruh guru yang ada di wilayah tersebut.

“Hasil pertemuan ini akan sampaikan kepimpinan dan kita akan bicarakan langsung dengan kepala bidang bersangkutan, kita inginkan kegiatan ini bisa berjalan karena sangat dibutuhkan sekali , “ujarnya.

Event organiser kegiatan itu, Ardinal mengatakan ini merupakan tindaklanjuti dari pertemuan dengan bupati beberapa waktu sebelumnya dengan tujuan untuk memajukan dunia pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Seperti diketahui Bupati Pesisir Selatan memiliki basic sebagai tenaga pendidik atau guru. Kita targetkan Kabupaten Pesisir Selatan menuju go to Indonesia melalui pemberitaan secara nasional dan sebagai pilot projeck-nya, “ucapnya.

Kegiatan itu merupakan salah satu upaya dari pihak PWI dalam menciptakan guru cakap digital. Saat ini banyak guru yang saat ini gagap teknologi, nah ini yang menjadi perhatian bagi kami nantinya dalam memberikan materi terhadap guru, kita mesti bisa bersaing ditingkat nasional terutama penggunaan perkembangan dunia pendidikan disektor digitalisasi,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Pessel Letakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Wisata Pantai Carocok

Ketua SIWO Provinsi Sumatera Barat, Syaiful Husein mengatakan untuk kegiatan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Dinas Pendidikan tidak dibebankan pembiayaanya dalam kegiatan ini. Jangan sampai salah tafsir terjadi di kalangan tenaga pendidik dan khusus terhadap guru sertifikasi, katanya.

“Ya, tunjangan profesi guru wajib dipergunakan sebesar 20 persen untuk peningkatakan kapasitas guru itu sendiri, ini merupakan tanggung jawab kita secara bersama dan didukung oleh awak media, kita yakin kegiatan ini akan berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, “tutupnya. (baron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *