Penguatan Ekosistem Cagar Budaya dan WTBOS Warisan Budaya Dunia

Wakil Walikota Solok Hadiri Penguatan Ekosistem Cagar Budaya dan OPK Kebudayaan WTBOS
Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra, pada penguatan ekosistim cagar budaya di gubernuran.

Solok, Kurenah.com – Satu lagi kekayaan budaya Indonesia mendapatkan pengakuan dan penghargaan dunia yaitu, Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Penetapan tersebut diumumkan pada Sidang World Heritage Committee (WHC) atau Komite Warisan Dunia ke-43 di Kota Baku, Azerbaijan.

Sekaitan dengan itu, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, menghadiri Penguatan Ekosistem Cagar Budaya dan OPK Kebudayaan Warisan Tambang Warisan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto (WTBOS).

Acara tersebut digelar di auditorium Gubernuran, Jumat 11 Agustus 2023, dihadiri Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

Baca Juga  Pansus DPRD Kota Solok Bahas Rencana Tata Ruang Wilayah

Selain itu tujuh kepala daerah lainnya, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Padang Pariaman.

Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hilmar Farid mengatakan ada lima warisan dunia yang dimiliki Indonesia pada kategori warisan budaya, yaitu Kompleks Candi Borobudur (1991).

Kompleks Candi Prambanan (1991), Situs Manusia Purba Sangiran (1996), Lanskap Budaya Provinsi Bali, Sistem Subak sebagai Manifestasi dari Filosofi Tri Hita Karana (2012), dan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (2019).

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan pakta integritas dalam rangka melestarikan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *