TMMD di Nagari Tanjung Alai, Ini Program Fisik yang Dikerjakan Pak Tentara

TMMD ke-118 di Nagari Tanjung Alai, Ini Program Fisik yang Dikerjakan
Tentara Manunggal Membangun Desa

Solok, Kurenah.com  –  Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat.

Tujuan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri dan mewujudkan dengan melaksanakan Kemanunggalan TNI.

TMMD ini ke-118 itu mengusung tema ‘Karya Basamo untuak Nagari’, berlangsung dari 18 September sampai 18 Oktober 2023 dibuka secara resmi oleh bupati Solok, Epiyardi Asda di lapangan bola kaki Nagari Tanjung alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Rabu 20 September 2023.

TMMD ke-118 di Kabupaten Solok ini terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Kegiatan fisik membuka jalan sepanjang 1.400 meter dengan lebar 7 meter, kemudian pengerasan badan jalan berupa agregat kelas C dengan panjang 460 m dan lebar 4 meter dari jalur Tanah Kuning Palak Pinang melalui Kapalo Tarok dengan kondisi jalan saat ini merupakan lintasan perkebunan warga.

Baca Juga  Bupati Berikan Suport pada Owner Kopi Solok Rajo

Selain itu juga akan ada renovasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 5 unit yang berada di Jorong Buah Jambu, Nagari Tanjung Alai, pada kegiatan non fisik dalam TMMD ke-118 ini dilakukan penyuluhan oleh Kodim 0309/Kab. Solok dan juga oleh beberapa OPD di Pemkab Solok kepada masyarakat.

Walinagari Tanjung Alai Yurdam, menyampaikan terimakasih atas telah memilih Nagari Tanjung Alai ini sebagai tempat TMMD.

“Kami mohon pentunjuk dan arahan bupati guna mendukung kelancaran TMMD di Nagari Tanjung Alai ini, “ungkap walinagari.

Bupati Solok Epyardi Asda menyampaikan rasa bangga ke TNI, karena TNI mewujudkan rasa cintanya kepada rakyat, bukti nyata diwujudkan dengan membantu rakyat.

Selain itu TMMD ini merupakan tindak lanjut dari TMMD 2 tahun yang lalu, dimana pekerjaaan TMMD yang lalu masih ada yang masih tertinggal. TMMD ini merupakan kerja nyata dari TNI masuk desa dan TNI bersatu dengan masyarakat.

Baca Juga  Bupati Solok dan Anggota DPR RI Kunjungi Nagari Sungai Nanam

Danrem 032/Wbr, Brigjen TNI Rayen Obersyl, mengatakan 150 personel yang akan membangun nagari terdiri dari TNI, Polri, dan Pol PP yang nantinya akan dibantu oleh masyarakat Nagari Tanjung Alai.

Selama satu bulan TNI akan melaksanakan baktinya ke masyarakat, mulai dari membuka jalan, memperbaiki rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni, dan berbagai kegiatan lainnya. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *