PDAM Tirta Langkisau Pessel Raih Hibah Air Minum Inovatif Rp13 Miliar dari Australia

PDAM Tirta Langkisau Pessel Raih Hibah Air Minum Inovatif Rp13 Miliar dari Australia
Ilustrasi.

Painan, Kurenah.com– PDAM Tirta Langkisau Pesisir Selatan (Pessel) terima hibah air minum berbasis kinerja (HAMBK) dari pemerintah Australia senilai Rp13 miliar.

Itu terungkap dari pertemuan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat menerima kunjungan Kedubes Australia Bidang Infrastruktur untuk Indonesia, Widya Setyowati beserta tim monitoring di ruang bupati, Selasa 27 Februari 2024.

Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan, hibah HAMBK tersebut adalah atas terjalinnya Kemitraan Indonesia Australia untuk infrastruktur (KIAT) selama ini.

Ia menjelaskan, dari kemitraan ini, pihak KIAT berkomitmen untuk mendorong dan mendampingi PDAM Tirta Langkisau agar semakin maju.

“Ya, tentu dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua masyarakat Pesisir Selatan,” ujarnya.

Rusma Yul Anwar juga berharap program HAMBK dari Pemerintah Australia ini bisa memberikan kepuasan dan penilaian yang baik dari masyarakat.

Baca Juga  Di Pesisir Selatan, 42.708 Anak jadi Sasaran Imunisasi Polio

Agar ke depannya terus terjalin kerjasama yang baik dari Pemerintah Australia,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Langkisau, Herman Budiarto menyampaikan program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (AMBK) Perumda Air Minum Tirta Langkisau Pessel sudah berlangsung dari tahun 2020, hingga 2024 dengan total Rp13 miliar.

Ia menjelaskan, keikutsertaan Perumda Air Minum Tirta Langkisau Pessel dalam program hibah AMBK ini terdiri dari beberapa komponen dan indikator.

Ia mengatakan, diantara komponen itu, rencana bisnis, indikator rasio operasi, indikator efektivitas penagihan, indikator Air tak berekening.

Kemudian indikator kontinuitas aliran, indikator kualitas air, indikator KIE, indikator peraturan dan pedoman SOP untuk klorinasi.

Baca Juga  Jumat Berkah, Bupati Resmikan Dua Masjid di Kecamatan Sutera

Lalu, indikator peningkatan kinerja klorinasi dan pengamanan (PKC), indikator ketahanan iklim dan indikator Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM). (ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *