Pemkab Dorong BUMNag Atasi Blankspot di Solsel

Sekda Solok Selatan, Syamsurizaldi pimpin rapat.
Sekda Solok Selatan, Syamsurizaldi pimpin rapat. | Foto rakyatterkini.com

Padang Aro, Kurenah.com – Mengentasan blankspot di Solok Selatan, pemerintah kabupaten terus mendorong pihak-pihak terkait untuk ikut terlibat, salah satunya melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Sebelumnya, Solok Selatan telah melakukan kerjasama penyediaan jaringan dengan PT Indonesia Comnet Plus alias Icon+ pada titik daerah yang tidak tercover sinyal telekomunikasi alias blank spot, yang mencakup pengadaan jaringan, pengembangan, dan pemeliharaan jaringan telekomunikasi.

Menindaklanjuti kerja sama tersebut, Dinas Kominfo lakukan sosialisasi pengentasan blankspot melalui infrastruktur jaringan Ikon+.

Sosialisasi ini ditujukan kepada camat, wali nagari dan BUMNag pada daerah susah dan sulit sinyal.

Dalam arahannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan, Dr Syamsurizaldi mendukung dan mendorong BUMNag pada daerah sulit sinyal di daerahnya untuk menjadikan telekomunikasi sebagai salah satu unit usaha.

Sekda juga mengingatkan peluang dalam kerjasama ini nantinya. Di samping nagari bisa turut membantu kebutuhan masyarakat akan telekomunikasi, juga berpeluang besar dalam menghasilkan pendapatan bagi nagari.

Baca Juga  BPBD Solsel Bakal 'Dirampingkan', Ini Kata Ketua DPRD

Sementara itu mitra Ikon+ di Solok Selatan Rifo Rinaldi turut menceritakan alasan bergabung dengan Icon+.

Atas pemikiran tersebut, dia mencoba merintis dengan menjadi bagian dari Ikon+, menyediakan layanan internet murah kepada masyarakat.

Untuk turut berkontribusi dalam pengentasan blankspot, dirinya saat ini membuka diri untuk melakukan pendampingan pada nagari-nagari, dalam penyediaan layanan internet, dengan metode kerjasama dengan badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG).

Dalam sosialisasi ini, Dinas Kominfo juga turut memberikan kesempatan kepada Wali Nagari Pakan Rabaa Timur untuk menyampaikan testimoninya terkait penyediaan jaringan internet di daerahnya.

Wali Nagari Pakan Rabaa Timur mengatakan sebelumnya telah melakukan kerjasama dalam penyedia internet lain di daerahnya, namun selalu ada kendala.

“Insha Allah Februari ini akan dilakukan kerjasama dengan Ikon+, dengan berlangganan bandwidth 100 mbps. Dengan perkiraan akan melayani 200 buah rumah pada  empat jorong,” ungkapnya.

Baca Juga  Hebat! Solok Selatan Raih Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman

Nasril juga menargetkan, Tahun 2023 ini tidak ada lagi daerah blankspot seluruh jorong yang ada di Nagari Pakan Rabaa Timur.

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Gadang Timur, yang juga Pj Camat Pauh Duo Aig Wadenko mengatakan bahwa pihaknya bersama wali nagari lain, akan segera menindaklanjuti rencana kerjasama tersebut. Dirinya juga optimis rencana tersebut akan dapat dieksekusi. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *