BNPB dan BPBD Sumbar Serahkan Bantuan Darurat Bencana Longsor di Sawahlunto

BNPB dan BPBD Sumbar Serahkan Bantuan Darurat Bencana Longsor di Sawahlunto
Sekdako Sawahlunto, Ambun Kadri, terima bantuan dari BNPB dan BPBD Sumbar.

Sawahlunto, Kurenah.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan penanganan darurat bencana tanah longsor di Kota Sawahlunto, Kamis 11 Mei 2023.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto, Dedi Ardona mengatakan bantuan dari BNPB itu terdiri dari dana siap pakai, kemudian paket sembako, selimut dan matras.

“Untuk paket bantuan sembako itu senilai Rp100 juta. Ditambah selimut dan matras masing-masing dengan jumlah total sebanyak 500 lembar,” kata Dedi.

Disebut Dedi, paket bantuan tersebut saat ini sedang dalam perjalanan dari Jakarta dengan prediksi jadwal sampai di Sawahlunto pada Kamis malam 11 Mei 2023.

“Kemudian bantuan dana siap pakai itu senilai Rp250 juta. Digunakan untuk mendukung biaya operasional penanganan darurat bencana tanah longsor,” kata Dedi.

Dari BPBD Sumatera Barat juga memberikan bantuan untuk penanganan darurat bencana tanah longsor di Sawahlunto tersebut.

Sekretaris BPBD Kota Sawahlunto, Rafki Rusdian merinci bantuan dari BPBD Sumbar tersebut terdiri dari box family 20 set, box kids 20 set, terpal gulung 10 buah, matras 75 buah dan terpal panjang 1 rol.

Baca Juga  Pisah Sambut Dandim 0310/SSD, Ini Kesan Walikota Sawahlunto

Untuk penyaluran kepada masyarakat penerima akan langsung kami antarkan kalau mobil yang mengangkut bantuan BNPB itu sampai di Sawahlunto. Kalau sampai nanti malam berarti besok sudah bisa kami antarkan pada masyarakat, kata Rafki.

Bantuan dari BNPB itu diantarkan secara simbolis oleh Tenaga Ahli Kepala BNPB Denny Herman dan Staf Direktorat Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB Agus Gumelar bersama Verawati A. Mangopo.

Bantuan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, di Posko Penanganan Darurat Bencana, disaksikan Kepala DinsosPMD PPA, Kepala Satpol PP Damkar, Kepala Dinkesdalduk KB, Kepala Dishub, Tagana dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Ambun Kadri yang menerima secara simbolis bantuan dari BNPB dan BPBD tersebut menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi untuk masyarakat Sawahlunto dalam menangani bencana tanah longsor.

Baca Juga  Dinyatakan Lengkap oleh KPU, Ini Nama-nama dan Nomor Bacaleg PAN Sawahlunto

“Terima kasih dari pusat dan provinsi telah ikut bergabung bersama Pemko Sawahlunto untuk membantu masyarakat kita yang terdampak bencana tanah longsor. Sehingga lebih banyak dan lebih besar bantuan dan dukungan yang bisa diberi kepada masyarakat,” kata Sekda Ambun Kadri.

Sekda Ambun Kadri menyebut sinergi antar pihak-pihak terkait memang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana apalagi saat sudah berstatus darurat bencana. (ril/ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *