Malam Ini, Timnas Indonesia Balas Kekalahan atas Thailand

indra sjafri

KURENAH.COM – Malam ini, Selasa (16/5/2023), Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dalam laga final Sea Games. Catatan pertandigan, tim gajah putih lebih unggul.

Dari 23 kali pertemuan, Garuda Muda meraih lima kemenangan, momen itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

“Saya mengucapkan terima kasih pada ketua umum, wakil ketua umum, dan jajaran Exco yang telah mempercayakan dan menunjuk kami untuk diberikan tanggung jawab menangani tim SEA Games,” kata pelatih tim U-23 Indonesia, Indra Sjafri.

“Yang kedua, tentu dukungan dari pemerintah, Kemenpora, KOI, KONI dan kerja baik dari CdM yang menyiapkan lapangan yang sangat fantastik untuk persiapan-persiapan kita selama di sini dan juga tidak kalah penting, saya dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada klub tempat pemain berasal dan juga kerja sama yang baik dari mulai Maret bersama pelatih klub dan saya mengapresiasi itu dan mudah-mudahan nanti klub-klub kita semakin banyak menghasilkan pemain-pemain yang lebih berkualitas,” lanjutnya.

Baca Juga  Bima Sakti Ditunjuk sebagai Pelatih Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023

Kenangan medali emas terakhir Indonesia terjadi pada edisi SEA Games tahun 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final. Pada saat itu, laga Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor sama kuat 0-0 di waktu normal. Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Namun, Indonesia pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985. Saat itu, Tim Merah-Putih menelan kekalahan dengan skor akhir 0-7 dari Thailand.

Pada pertemuan terakhir, Indonesia menelan kekalahan 0-1. Di Vietnam tahun lalu, Thailand menaklukkan Indonesia pada babak semifinal.

Indonesia mempunyai modal bagus melawan Thailand kali ini. Tim Asuhan Indra Sjafri selalu menang dalam lima pertandingan yang dijalani untuk melaju ke final. Bahkan musuh bebuyutan Vietnam pun dikalahkan Rizky Ridho, dkk dengan skor tipis 3-2.

“Saya berharap dan kami sudah berkomitmen dengan para pemain kita memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita. Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tetapi secara regulasi, kita tidak bisa mainkan dia, jadi kita main dengan skuad 19 pemain dan semua pemain tersebut siap bermain serta memberikan penampilan terbaik,” kata Indra yang dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga  Pulang Kampung, Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri Temui Gubernur Sumbar

Kini, untuk kali keempat, timnas Indonesia akan melawan Thailand pada final SEA Games. Tim Garuda mengusung misi mengakhiri paceklik emas sepak bola SEA Games yang telah berlangsung selama 32 tahun.

Bisakah harapan terwujud Uda Indra? Semoga bisa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *