2023, Kota Solok Salurkan Rp1,4 Miliar untuk Keluarga Penerima Manfaat

2023, Kota Solok Salurkan Rp1,4 Miliar untuk Keluarga Penerima Manfaat
Walikota Solok, Zul Elfian Umar, buka rapat koordinasi PKH.

Solok, Kurenah.com – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, membuka rapat koordinasi program keluarga harapan (PKH), Senin 12 Juni 2023.

Walikota mengatakan, program keluarga harapan (PKH) merupakan sebuah program pemberian uang tunai kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya.

Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program bantuan tunai bersyarat.

Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil),”sebut Walikota.

Ada 3 komponen program PKH, yaitu komponen kesehatan dengan kriteria ibu hamil/ menyusui, anak berusia nol sampai dengan enam tahun.

Kemudian pendidikan dengan kriteris anak SD/ MI atau sederajat, anak SMA/ MTs atau sedenja, anak SMA/MA atau sederajat, dan anak usia enam sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, selanjutnya sejak 2016 terdapat penambahan komponen kesejahteraan sosial dengan kriteria diutamakan usia lansia mulai dari 70 (tujuh puluh) tahun, dan penyandang disabilitas yang diutamakan penyandang disabilitas berat.

Baca Juga  Walikota Solok Serahkan Remisi kepada Dua Warga Binaan

Tujuan program keluarga harapan (PKH) adalah Untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial.

Mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, mengenalkan manfaat produk dan jasa keuangan formal kepada keluarga penerima manfaat.

Pada 2022 jumlah bantuan PKH yang telah diterima oleh masyarakat Kota Solok melalui 4 tahapan penyaluran dengan total bantuan sebesar Rp5,7 Miliar, dengan jumlah KPM sebanyak 1.940 KK.

Baca Juga  Caleg Demokrat Kota Solok, Nani Rummiati, Instruktur Senam Berjiwa Politisi

Pada 2023 ini telah disalurkan bantuan untuk Tahap 1 sebesar Rp1,4 Miliar dengan jumlah KPM sebanyak 1.956 KK. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *