Sumbar  

Momentum 1 Muharram, Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Tingkatkan Persaudaraan

Momentum 1 Muharram, Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Tingkatkan Persaudaraan
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, lepas pawai taaruf memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah.

Padang, Kurenah.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengajak masyarakat menjadikan momentum peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023 untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas antarsesama.

“Momentum peringatan 1 Muharram 1445 H harus dijadikan pengingat untuk bisa lebih baik ke depan. Tingkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas,” kata Gubernur Mahyeldi di Padang, Rabu, (19/7/2023).

Ia mengatakan itu saat melepas Pawai Taaruf memperingati 1 Muharram 1445 H/2023 di Kelurahan Koto Baru Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Menurutnya rasa persaudaraan dan solidaritas itu penting untuk dipupuk, apalagi saat ini sebagian daerah di Sumbar baru saja terkena bencana banjir dan longsor.

Pemerintah daerah, menurutnya, sudah mengucurkan bantuan sesuai kewenangannya ke lokasi yang tertimpa bencana. Bantuan itu selain penyediaan alat berat untuk membantu membersihkan material sisa bencana, juga berupa kebutuhan pokok bagi masyarakat korban bencana.

Baca Juga  Laksanakan Fungsinya, Tiga Komisi DPRD Kota Solok Rapat dengan Mitra Kerja

Menurutnya masyarakat yang tidak terkena bencana dan memiliki kelebihan rezki juga bisa berperan untuk meringankan korban bencana tersebut.

Hal itu bisa terlaksana jika rasa persaudaraan dan solidaritas antarsesama terpupuk dengan baik. “Peringatan 1 Muharram 1445 H ini bisa menjadi momentum untuk itu,” katanya.

Selain itu, peringatan tahun baru Islam itu menurutnya juga penting untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan pemahaman generasi muda terhadap ajaran agamanya.

Inisiator Pawai Taaruf Memperingati 1 Muharram 1445 H di Kelurahan Koto Baru Nan XX, Nasrul mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak TPQ dari semua mushalla dan masjid di daerah itu.

Baca Juga  Catatan Kasus Korupsi RSUD Pasaman Barat 12 Terdakwa Divonis Bersalah, 3 Bebas

Sebelumnya, bencana banjir dan longsor melanda tujuh daerah di Sumbar masing-masing Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, Mentawai, Kota Padang dan Pariaman. (*/gp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *