Nagari Pasir Talang Selatan Gelar Pelatihan TPBJ/TPHP dan Kader

Nagari Pasir Talang Selatan Gelar Pelatihan TPBJ/TPHP dan Kader
Nagari Pasir Talang Selatan gelar pelatihan TPBJ/TPHP dan kader.

Solsel, Kurenah.com – Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mengelar pelatihan bagi tim TPBJ/TPHP dan kader, Rabu (5/7/2023).

Narasumber dari Inspektorat Solok Selatan, Camat Sungai Pagu, Ketua Bamus, Wali Nagari, ketua LPMN, Babinsa Koramil Sei Pagu, kepala Jorong se Nagari Pasir Talang Selatan serta perwakilan masyarakat.

Ketua Bamus Nagari Pasir Talang Selatan, Hendrivon, mengatakan, pelatihan bagi tim TPBJ/ TPHP sangat bagus dan penting dilakukan.

Karena dalam penggunaan anggaran pekerjaan fisik di nagari banyak yang bermasalah dan pelaksana tidak memahami dan terhanyut dengan pekerjaan saja lupa akan tanggung jawab.

“Kami sebagai Bamus dan pengawasan di nagari hanya berharap dengan adanya pelatihan ini akan ada perubahan, dan tidak akan ada temuan temuan yang bisa tersandung dengan hukum,” ujarnya.

Wali Nagari Pasir Talang Selatan, diwakili Sekna Riki Suriandi mengatakan, kegiatan ini harus dilakukan, karena selama ini masih banyak temuan temuan dalam melaksanakan pekerjaan pekerjaan, ini anggaran tidak bisa main main.

Baca Juga  Gemapatas, di Solok Selatan Pencaplokan Tanah Masih Terjadi

Kami dari, pihak nagari dalam melaksanakan pelatihan ini tahun ini mendatangkan narasumber dari Inspektorat dan Kejari Solok Selatan, agar para pelaku kepentingan dalam melaksanakan tugas nantinya bisa memahami semua ini dan terhindar dari temuan temuan

Sementara itu narasumber dari Inspektorat Solok Selatan Deny Yuliandra, mengatakan banyak yang kurang memahami peraturan dalam pelaksanaan pekerjaan khususnya bagi tim TPBJ dan TPHP ini akibatnya output kita dari pekerjaan fisik yang akan kita kerjakan itu tidak sesuai dengan spek tidak sesuai dengan perencanaan.

Ini yang banyak selama ini ditemukan, banyak yang tersandung dengan hukum, makanya perlu sekali dilakukan pelatihan pelatihan terkait teknis dan pengelolaan keuangan.

Kalau dalam satu struktur organisasi pemerintah Kabupaten Solok Selatan kebetulan tugas kami di Inspektorat adalah melakukan pengawasan tugas Bapak Ibu sebagai tim TPBJ dan TPHP dari persentase kita tetap, seperti itu, jadi hal itu mari kita sama-sama dengan porsi kita masing-masing.

Baca Juga  Partai Gerindra Solok Selatan Incar Kursi Ketua DPRD dan Bupati

Dalam melakukan audit cek pengadaan fisik barang dan jasa di Nagari ada 6 item administrasi pokok yang akan kami lihat, pertama proposal yanh kedua RAB awal, ketiga aktuatif atau gambar purna laksana 4 laporan pengawas harian mingguan dan akhir SPJ yang kelima dan terakhir berita acara tim TPHP. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *