Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah di Desa Silungkang Tigo

Pemko Sawahlunto Serahkan Bantuan pada Korban Kebakaran Rumah di Desa Silungkang Tigo
Wawako Zohirin Sayuti.

Sawahlunto, Kurenah.com – Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Sawahlunto turun membantu warga yang menjadi korban musibah kebakaran rumah, di Dusun Stasiun Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang.

Pertama adalah jajaran Pemadam Kebakaran (Damkar), personel dengan slogan ‘pantang pulang sebelum padam’ itu bergerak cepat memadamkan api dan melakukan penyelamatan darurat pada kebakaran yang menghanguskan dua rumah milik Datos dan (alm) Kartini pada Jumat 7 Juli 2023 sekitar pukul 03.45 WIB tersebut.

Setelah itu, menyusul Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA), kemudian juga jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tim BPBD dan Tagana melaksanakan evakuasi, mendirikan tenda darurat dan sejumlah prosedur pasca bencana lainnya.

Baca Juga  Bupati Pessel Serahkan Bantuan di Masjid Aqsha Karang Tangah

Kemudian pada Senin 10 Juli 2023, dengan dipimpin Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, BPBD dan Tagana menyerahkan bantuan yang terdiri dari paket permakanan atau sembako serta perlengkapan darurat untuk rumah tangga pasca bencana.

Dalam waktu bersamaan, tim Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga turun ke lokasi untuk membantu warga korban kebakaran tersebut mengganti dokumen administrasi kependudukan (adminduk) yang hangus terbakar di dalam rumah.

Adapun adminduk yang diganti dan langsung diserahkan dalam waktu tidak sampai tiga jam sejak kejadian itu yakni Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengatakan ini wujud komitmen pelayanan dan bantuan Pemko Sawahlunto kepada masyarakat.

Baca Juga  Jambore Geopark Ranah Minang Ditutup, Ini Pesan Khusus Wagub Sumbar

Ini peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan bagi masyarakat yang menjadi korban musibah. “Bahu-membahu kita turun meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah kebakaran tersebut,” kata Wawako Zohirin Sayuti. (ril/ris1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *