Bekerjasama dengan Unes, Pemkab Solsel Dukung ASN Lanjutkan Pendidikan

Bekerjasama dengan Unes, Pemkab Solsel Dukung ASN Lanjutkan Pendidikan
Bupati Solok Selatan, Khairunas.

Padang Aro, Kurenah.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendukung penuh rencana studi ASN maupun pegawai lainnya yang bekerja untuk pemerintah yang ingin melanjutkan pendidikannya kembali, terutama yang belum mendapatkan gelar sarjana.

Ini merupakan bagian dari upaya untuk terus meningkatkan sumber daya manusia di Solok Selatan.

Itu disampaikan Bupati Solok Selatan, Khairunas saat menerima tim dari Universitas Eka Sakti, Kamis (7/9/2023).

“Lakukan pendataan kembali para ASN kita yang belum sarjana, sosialisasikan juga oleh para kepala OPD, sepanjang tidak mengganggu kinerja dan tidak bertentangan tengan undang-undang ASN maka kita akan memberikan izin bagi ASN yang ingin mengikuti program ini,” kata Khairunas.

Bupati bahkan menginstruksikan langsung kepada Sekretaris Daerah untuk langsung berkoordinasi mengenai adanya program kerja sama yang dilakukan oleh Pemkab bersama dengan universitas swasta di Padang itu.

Baca Juga  Tingkatkan Pendidikan, Pemkab Solsel Teken MoU dengan Universitas Muhammadiyah Sumbar

Program yang dimaksud adalah Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini merupakan jalur kuliah khusus yang memungkinkan pengalaman kerja sebagai ganti dari pemenuhan SKS.

Khairunas menilai program ini sangat dibutuhkan oleh pegawai di Pemerintah Kabupaten, BUMN/BUMD, instansi vertikal, maupun kelompok UMKM masyarakat untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya.

Kepala Lembaga Diklat, RPL, dan MBKM Universitas Eka Sakti Agus Salim mengatakan Eka Sakti adalah satu dari beberapa universitas yang mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menyelenggarakan program ini.

“Dalam RPL ini ditawarkan program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, dan Manajemen. Ini untuk S1,” kata Agus.

Menurutnya, dalam program RPL ini nantinya mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikan Strata 1 hanya dalam waktu 2 tahun saja.

Baca Juga  Pemkab Solsel Targetkan Penilaian SAKIP Tahun 2023 Raih Predikat BB

Ke depan, rencananya Universitas Eka Sakti juga akan membuka program RPL untuk jenjang pendidikan Strata 2.

Kegiatan sosialisasi ini ditujukan untuk Kepala OPD, Camat, dan Wali Nagari se-Solok Selatan dengan harapan bisa menyampaikan kepada pegawai-pegawai lainnya. (alwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *