Agam  

Tingkatkan Peran Masyarakat, Pemkab Agam Bentuk Relawan Kebakaran

Tingkatkan Peran Masyarakat, Pemkab Agam Bentuk Relawan Kebakaran
Pelatihan Relawan Kebakaran Pemkab Agam.

Agam, Kurenah.com – Pemkab Agam membentuk dan melatih Relawan Kebakaran (Redkar) untuk 16 kecamatan. Tujuannya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Dari 16 kecamatan yang ada 23 nagari membentuk anggota relawan dengan mengirimkan dua atau tiga orang untuk dilatih dan diberi pembekalan dasar-dasar pemadaman api.

Pelaksanaan pembentukan dan pelatihan dilaksanakan dua sesi yakni di Agam Timur bertempat di kantor Camat Banuhampu pada Senin (4/9/2023) dan sesi kedua pada Agam Barat yang dilaksanakan di Kantor Pol PP damkar komplek Sport Center Lubuk Basung pada Kamis (7/9/2023).

Kepala Satpol PP Damkar, Dandi Pribadi mengatakan Redkar ini terdiri atas orang-orang yang kuat, memiliki motivasi yang cepat dan jiwa penolong untuk bertindak dalam penanganan kebakaran dan penyelamatan lainnya.

Baca Juga  Mahasiswa KKN Unand Sosialisasikan Pembuatan Pupuk Alami di Nagari Malalak Barat

“Relawan pemadam kebakaran merupakan tugas mulia yang merupakan ujung tombak penanganan pertama jika terjadi masalah dilapangan, dan kami sangat terbantu sekali atas kontribusi bapak sekalian,” ungkap Dandi.

Redkar juga merupakan perpanjangan tangan dari petugas dalam menginformasikan ke masyarakat mengenai bahaya lain yang ada di lapangan.

Redkar menjadi pemberi informasi ke masyarakat contohnya pemasangan tanda bahaya buaya pada sungai, rawan di daerah Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara dengan berkoordinasi dengan BKSDA.

Kemudian memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pemasangan tanggul (polisi tidur) yang dapat menghambat kinerja petugas dalam pemadaman kebakaran, serta dapat menyebabkan kendaraan rusak karena pemasangannya tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga  Wisuda Tahfiz MTI Tarusan Kamang, Dua Santri Dapat Beasiswa dari Andri Warman

Kabid Damkar Syahrur R menambahkan total Redkar yang dibentuk pada dua sesi ini sebanyak 80 orang. (vn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *