Malam Puncak Apresiasi Genre 2023, Ini Pemenangnya

Walikota Solok, Zul Elfian Umar bersama pemenang duta genre.
Walikota Solok, Zul Elfian Umar bersama pemenang duta genre.

Solok, Kurenah.com – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menghadiri malam puncak apresiasi genre (generasi berencana), Sabtu 25 Februari 2023 malam.

Walikota Solok, Zul Elfian Umar, mengatakan permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks, dimulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan kesehatan reproduksi remaja (KRR).

Berdasarkan jumlah penduduk Kota Solok pada 2022, jumlah remaja usia 10-24 tahun telah mencapai sekitar 18.455 jiwa atau sekitar 27.58 persen dari total jumlah penduduk Kota Solok.

Perkembangan globalisasi dunia menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya.

Walikota menambahkan, permasalahan remaja timbul pada umumnya berkaitan dengan masalah seksualitas (hamil di luar nikah dan aborsi), AIDS, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA) dan sebagainya,” tambah Zul Elfian Umar.

Dia berharap semoga setelah pelaksanaan kegiatan apresiasi genre ini akan melahirkan generasi muda yang mampu merencanakan masa depan dalam meningkatkan keterampilan remaja.

Baca Juga  Pansus DPRD Kota Solok Bahas Rencana Tata Ruang Wilayah

Selain itu dari pemilihan dan pemberian penghargaan duta genre ini yabg terpenting adalah menjadikan yang terbaik di wilayahnya dan menjadi motivator di kalangan remaja dalam mempersiapkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Duta genre yang terpilih nantinya akan menjadi duta stunting bagi teman sebayanya. Karena stunting merupakan program prioritas nasional yang harus segera dituntaskan bersama-sama.

Kepala BKKBN Sumbar, Fatmawati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Solok yang telah memfasilitasi kegiatan ini. BKKBN telah berupaya melakukan program pengembangan bagi generasi berencana.

Pemilihan duta genre berjenjang dan diharapkan dapat menjadi figur terampil, berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Untuk Kota Solok telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 18,1%. Semoga kedepan kita bisa menurunkan prevalensi stunting dibawah rata-rata angka target nasional,” tutupnya.

Adapun Finalis Duta GenRe Kota Solok sebanyak 21 orang, terdiri dari 11 Putra dan 10 Putri.

Setelah melalui berbagai penilaian oleh para dewan juri, akhirnya, terpilih sebagai juara 1 duta genre Kota Solok yaitu Imam Wahyudi dan Michelin Aszani.

Baca Juga  Pertemuan Bulanan, Ketua DWP Agam Ajak Seluruh Anggota Majukan Organisasi

Juara 2, Daffa Septiananda dan Berrin Putri Juenda serta juara 3, Andira Pratama dan Revani Agustun. Selanjutnya, Juara 4 Bintang Veraldi dan Annisa Maharani serta juara 5, Hamda Yusya dan Givani Farahya

Dalam acara tersebut, juga diserahkan hadiah pemenang PIK R Terbaik Kota Solok Tahun 2023, serta Pembina PIK R Terbaik Kota Solok Tahun 2023. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *