Angkatan Laut Singapura Operasikan Kapal Selam Teknologi Canggih

Angkatan Laut Singapura Operasikan Kapal Selam Teknologi Canggih
Kapal selam tercangih di Asia Tenggara milik Angkatan Laut Singapura.

KURENAH.COM – Kapal selam tercanggih di Asia Tenggara, resmi dioperasikan oleh Angkatan Laut Singapura (RSN). Kapal selam kelas Invincible ini diserahterimakan kepada Angkatan Laut Singapura pada 20 Juli 2023 di Pangkalan Angkatan Laut Changi, Singapura.

Kapal selam kelas Invincible ini dibuat oleh perusahaan galangan kapal ternama Jerman, ThyssenKrupp Marine Systems atau TKMS, dan diberi nama Impeccable.

Kapal tersebut merupakan satu dari empat kapal selam kelas Invincible yang telah dipesan oleh pemerintah Singapura. Fungsinya adalah untuk menggantikan kapal selam Challenger dan Archer yang masing-masing sudah berusia 60 tahun dan 40 tahun.

Impeccable memiliki berbagai kemampuan canggih, termasuk otomatisasi tingkat tinggi, kapasitas muatan yang signifikan, daya tahan bawah air yang ditingkatkan, dan ergonomi yang dioptimalkan untuk fisik orang Asia.

Baca Juga  Vladimir Putin Tuduh Kepala Tentara Bayaran Wagner Mengkhianati Rusia, dan Mengancam Hukuman Bagi Pengkhianat

Kehadiran kapal selam ini di RSN diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Angkatan Laut Singapura dalam melindungi Singapura serta menjaga jalur komunikasi laut yang vital.

Meskipun Kementerian Pertahanan Singapura tidak merilis secara resmi spesifikasi detail kapal selam ini, berbagai sumber berita menyebutkan bahwa kapal selam kelas Invincible merupakan turunan dari kapal selam bermesin diesel elektrik.

Kapal selam terbaru Singapura ini telah dilengkapi dengan teknologi Air Independent Propulsion (AIP), sehingga mampu bertahan di bawah permukaan air selama 4 sampai 6 minggu. Diharapkan kapal selam ini dapat dioperasikan selama 30 tahun ke depan.

Untuk persenjataannya, kapal selam tipe 218SG ini dilengkapi dengan delapan tabung torpedo 533-milimeter (21,0 in) dan dua tabung torpedo 650-milimeter (26 in) yang dapat digunakan untuk menembakkan torpedo kelas berat, rudal anti-kapal, dan meletakkan ranjau.

Baca Juga  Marc Marquez Kesulitan Mengejar Rekor Valentino Rossi di MotoGP

Menurut Kementerian Pertahanan Singapura, kapal selam Impeccable akan menjalani serangkaian uji coba laut lokal dan pemeriksaan sebelum mencapai operasionalisasi penuh. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *